Wednesday 29 February 2012

Jurus-jurus Maut Seorang Ibu

Pada saat gue masih kecil, gue sering kena jurus-jurus maut nyokap. Bukan, bukan jurus-jurus maut seperti rasengan, chidori, kamehameha dll. Nyokap gue bukan ninjam juga bukan super saiya. Tapi kalo jurus Shining Wizard gue pernah kena sekali. Jurus yang gue maksut yaitu seperti cara nyokap membuat gue mau makan saat gue susah makan, dia akan melakukan suatu hal atau ancaman agar gue mau makan, atau pada saat dia melakukan kesalahan tapi ga mau disalahin, dan pada saat gue bertingkah yang mengesalkan dll. 
Yahh untuk lebih jelasnya gue kasih contoh deh anuan gue sama nyokap waktu gue masih kecil :

Nyokap : Rajaaa ayo makan dulu!
Gue       : Aaaahh udah kenyang maamm.
Nyokap : Ehh gaboleh gitu, satu suap lagi aja ya? nih aaaaaa'
Gue       : Yaudah satu suap lagi aja, aaaaaaa' *mangap*

Beberapa menit kemudian, setelah gue selesai mengunyah makanan.

Nyokap : Nih aaa' lagi.
Gue       : Ahhh kan tadi udah!!
Nyokap : Kan tadi kata kamu satu suap lagi, hayoo lupa ya? Cepetan aaaaa'
Gue       : Eh? Ohiyaya hehehe....*mangap*

Begitulah seterusnya sampai akhirnya gue pingsan dengan mulut berbusa gara-gara kekenyangan. Dilihat dari percakapan diatas, entah karena gue bodoh atau mungkin karena gue.... Bodoh, sampai bisa kena tipuan murahan seperti itu. Semenjak kejadian itu, gue selalu berusaha untuk tidak terkena jurus nyokap lagi. Tapi yahh namanya juga anak kecil, masih bodoh, pada akhirnya gue tetep kena jurus yang sama berkali-kali. Memang bodoh...

Gue juga pernah kena jurus pas lagi dipotongin rambut sama nyokap waktu gue masih kecil. Pada saat itu kami duduk berdua di halaman belakang rumah, nyokap duduk dibelakang gue. Selama dalam proses pemotongan rambut gue gabisa diem, ada aja alesan gue buat gerak-gerak. Dari mulai gatel, pegel, sampai alesan yang ga masuk akal seperti
"aahh abis guntingnya gaenakk". Entah seperti apa gunting yang enak, gue juga gatau sampe sekarang..
Karena gue terlalu sering meneluh mengeluh dan gerak-gerak gajelas, akhirnya nyokap emosi. Nyokap berteriak "Udah dooongg jangan gerak-gerak terus, nanti kupingnya kegunting loh!!!",
kata-kata nyokap ini terdengar seperti ancaman buat gue. Gue pun diam. Tapi yaa namanya juga anak kecil, ga lama gue gerak-gerak lagi. Lalu seperti kata nyokap barusan, pada saat gue lagi gerak-gerak terdengar suara 'kress' dan kuping gue agak terasa perih. Gue gatau sama sekali kalo kuping gue kegunting, gue mulai curiga ketika nyokap berhenti memotong rambut gue. Gue nanya ke nyokap
"Kenapa mam? Kuping aku kegunting ya?!",
nyokap panik. Dia langsung ganti kulit berkelit
"Eh.. Ummm... Ngga ga kegunting kok, ini tangan mami yang kegunting tuh liat. Kamu sihh gabisa diem, tangan mami jadi kegunting tuh".
 Nyokap berkata seperti itu sambil memperlihatkan tangannya yang terkena darah dari kuping gue yang kegunting. Gue percaya2 aja dan menjawab
"Ohh, maaf ya maamm aku ga gerak2 lagi deh. Tapi kok kupingku perih ya?",
 "Ah itu cuma perasaan kamu aja, sini mami potongin lagi rambutnya, masih belum rapih tuh" kata nyokap berkelit lagi sambil melanjutkan memotong rambut gue.

Akhirnya rambut gue pun selesai dipotong, gue seneng banget, karena potong rambut adalah hal yang ngebosenin sumpah. Setelah selesai membersihkan sisa2 potongan rambut yang menempel di badan gue, nyokap tiba2 ngomong dengan muka memelas 
"Raja, kamu jangan marah ya..?"
"Ng? Marah kenapa mam?" Jawab gue polos.
"Bener yaa jangan marah janji. Itu tadi kuping kamu kegunting beneran..."
Gue joget kaget. Sumpah gue bener2 kaget dan emosi. Gue tereak
 "AAAAHHH TUHKAN MAMI MAHH!! PASTI SENGAJA DEH!! AARGH KUPINGKU SAKIT AAARGHHH!!" Gue emang agak hiperbol. Tapi wajar men, ini masalah kuping.
Nyokap nyaut
"Apaan sih udah jangan hiperbol, orang cuma kegunting dikit doang kok! Lagian mami juga udah minta maaf."
"TAPI KAN... TAPI KAN KUPING AKU...." Belum lagi selesai gue ber-argumen nyokap langsung menggunakan jurus maut.
"Udah ah! Kalo kamu masih berisik aja malah mami gunting nih kuping kamu! Ayo cepet mandi, nanti gatel. Nanti mami obatin kupingnya"
Gue diem. Gue mikir sebentar, akhirnya gue nurut daripada kuping gue melayang.

Masih banyak lagi jurus-jurus nyokap yang lain, dan ternyata yang kena jurus-jurus bukan cuma gue doang. Kakak dan adik-adik gue pun pernah kena... Bahkan sampai anak tetangga juga pernah kena jurus German Suplex pada saat anak itu mau nyolong jambu. Nyokap gue dipenjara. Karena anak yang telah terkena jurus tersebut terkapar di jalan dalam keadaan tidak bernyawa lagi..
Ngga deng gue becanda.
Setelah gue 'besar', gue pernah mikir. Ya, gue emang jarang mikir. Gue mikir kalo nyokap gue aja pernah menggunakan jurus untuk anak-anaknya dan anak tetangga, pasti Ibu-ibu yang lain juga pernah dong? Gue pun mulai membayangkan jurus-jurus seperti apa yang digunakan Ibu-ibu lain pada anak mereka, dan anak tetangga mereka.


Seperti inilah hasil bayangan gue dalam kasus yang sama seperti pada saat gue kecil, yaitu gamau makan :

Pasangan Ibu dan anak tipe keras kepala :
Ibu    : Imaannn! Ayo makan dulu nanti kamu sakit!
Iman : Aku kan udah bilang aku gamau makan maaa!
Ibu    : Gaboleh gitu iman! Yaudah kalo kamu gamau makan mama juga ga makan.
Iman : Aku gapeduli, pokoknya aku gamau makan titit titik.
Ibu    : Hihh iman!!Yaudah mama juga gamau makan.

Lalu, lima hari kemudian terdengar kabar bahwa iman dan ibunya dibawa kerumah sakit dalam kondisi hampir tewas karena kelaparan.

Pasangan Ibu dan anak tipe mafia :
Ibu       : Sollozo, makan makananmu. Baru setelah itu kau boleh pergi bermain.
Sollozo : Aku tidak ingin makan mom, aku ingin main bersama teman. Kalau mom tetap memaksa aku untuk makan, aku tidak akan segan-segan menembak mom. *sambil menodongkan pistol Beretta 92/Italia*
Ibu       : .........
Sollozo : Baiklah, aku pergi main dulu.

Pada saat solozzo sedang bermain dengan teman-temannya. Terlihat sebuah sedan hitam yang berhenti didekat sollozo, kemudian keluar dua orang dengan senjata api dari mobil menembaki sollozo, lalu pergi begitu saja.

Pasangan Ibu dan anak tipe hulk :
Bruce : *lagi galau gabisa move on*
Ibu     : Bruuce, kamu kenapa sih? Dari kemarin kok gamau makan, aneh. Nih mama bawain pecel ayam, ayo makan dulu.
Bruce : Mama bisa diem ga sih? Aku lagi galau nih, mama gausah ganggu aku.
Ibu     : Kamu kok gasopan gitu sih sama mama?! Kamu nantang mama?! Jangan bikin mama marah bruce!! GRRRRRR....
Bruce : Mama juga jangan bikin aku marah!! Udah tau anaknya lagi galau. ERRRRRRR...
Ibu     : GROOOAAARRRRR!!! *berubah jadi hulk*
Bruce : RAAAWRRRRR!!! *berubah jadi hulk*

Kedua makhluk hijau ini pun bertengkar dengan liar lalu menghancurkan kota. Kemudian menghilang.

Stop. Kita sudahi saja khayalan gue ini, gue gatau bakal sampe mana kalo gue lanjutin. Mungkin akan ada Ibu dan anak tipe ninja, preman, politikus dan... Ah sudahlah.
Setelah gue pikir-pikir, penggunaan jurus-jurus pada anak adalah hal yang bagus dan efektif daripada harus menggunakan kekerasan. Jaman sekarang, kekerasan pada anak kecil udah terlalu kolot men, sekarang tuh jamannya otak. Jadi gue menghimbau kepada para orangtua, jika anak kalian bertingkah mengesalkan dan berprilaku tidak baik, berikanlah otak kalian. Alhasil, anakpun akan kaget dan diam lalu menuruti perkataan kalian... Ngga, bukan pake otak begini yang gue maksud.. Tapi gausah gue jelasin juga kalian pasti akan mengerti kan? Kalo gangerti, derita lo.

Jadi intinya, Belajarlah untuk lebih menggunakan otak daripada otot, karena otot belum tentu menyelesaikan masalah. Dan 'otot' dapat dikalahkan oleh 'otak' - Unknown

1 comment:

Sandrina Nurlatifa said...

Ahaha Cacat abis yang Hulk :D
LOL DUDE