Friday 2 March 2012

Postingan Bersama Udang

Ya, gue bikin postingan ini ketika lagi bersama udang. Kali ini gue bukan mau ngebahas tentang sesuatu yang sulit. Ini postingan pertama gue yang serius diblog ini. 
Mungkin beberapa dari kalian ada yang sadar kalo gue selalu memasukkan sosok ibu kalo ada kesempatan, entah itu pas lagi cerita maupun percakapan. Sebenernya itu permintaan langsung dari udang untuk selalu menggunakan sosok ibu. Sekarang gue biarkan udang yang meneruskan postingan ini. Biar dapet feelnya hehuehueuehuee

*Ganti Orang*

Scene dua.. Giliran udang.. Camera roll.. Action! *cetrak*

Yaa, gue (udang) emang sengaja minta sama monyong untuk menggunakan "mama" di setiap kesempatan, setelah gue ancem. Engga deng, kesannya gue ngancem mulu.
Alesannya sebenarnya simple, karena gue kangen dan sayang banget sama mama gue. Tapi yah, sekarang dia udah ga ada. Dia udah meninggal 2 tahun lalu, tanggal 11 september 2010. akibat penyakit gagal ginjal.
Dia adalah pahlawan gendut bagi gue, seorang Robin Hood, dan single fighter yang tangguh yang darahnya ada ditubuh gue.

Dari dalem diri gue sebenernya gue itu ngiri sama anak2 yang masih suka diingetin mamanya. Karena gue jarang diperlakukan seperti itu, ga setiap hari gue diingetin. Gue aja gainget kapan terakhir kali gue ditemenin belajar. Terakhir kalo gasalah, gue pernah disuruh ngerjain tugas dan belajar bareng sama dia pas gue masih SD, tapi lupa tepatnya kelas berapa, yang pasti kelas 4 kebawah.


Mama gue itu orang sibuk. Sangat2 super sibuk. Dia sangat jarang dirumah dan cuma ngasih kabar ke anak2nya lewat telfon, sms, atau email. Awalnya gue ga terlalu mempermasalahkan hal ini, mungkin karena waktu itu gue masih sibuk sama dunia gue sendiri. Tapi lama-kelamaan gue agak menyadari juga kejanggalan ini, apalagi setelah gue beranjak dewasa. Gue sempet marah, kesel, dan ketus sama mama karena ini. Apalagi kalo dia udah mulai janji mau pulang terus pas hari  yang dijanjikan dia tiba2 gajadi pulang. Rasanya tuh kaya lagi deket sama orang, tapi dikasih harapan palsu #selipangalau. Padahal gue tunggu banget kepulangannya.
Tapi itu bener, pernah waktu itu gue marah sendiri gara2 itu. Sampe2 gue nonjok tembok udah kaya jagoan, yang berakhir dengan tangan bengkak, lalu gue pun kesakitan. Sedangkan terakhir di cek sih tembok nya ga kenapa2, sehat walafiat tanpa kurang satu apapun, padahal gue berharap temboknya itu retak biar tambah keren aja dan ga sia2 gue nonjok tembok. Tapi sayang, itu hanya harapan semata. Baik kepulangan mama maupun tembok yang retak.

Gue kehilangan sekali sosok seorang ibu saat itu. Dan layaknya anak2 yang kehilangan sosok orang tua, gue mulai bandel. Gue mulai egois, apa yang gue mau harus diturutin. Gue mulai jarang dirumah, main keluar sampe malem, nginep dirumah temen beberapa hari, ngegaul dll. Sehingga hubungan gue sama mama merenggang. Gue bersikap kaya gitu mungkin gara2 emang gue suka main saat itu, sekaligus nyari perhatian dia aja biar dimarahin sama dia. Tapi itu ga terjadi, sekolah gue tetep berjalan lancar dan nilai2 gue juga memuaskan walaupun sering main, dan mama pun ga marah sama sekali.
Tapi saat itu gue gatau harus senang apa sedih, disatu sisi gue gabermasalah dengan sekolah gue, tapi disi lain gue gaberhasil ngedapetin perhatian mama. Gue pun bingung bagaimana cara nyari perhatian mama, apalagi ditambah keluarga gue yang complicated

Gue jadi makin bersikap egois, mikirin diri sendiri, dan terus jarang dirumah sampe2 gue gatau kalo dia mengidap penyakit. Yang akhirnya gue pun tau bahwa dia lagi sakit, itupun setelah dikasih tau sama sodara gue. Dia masuh rumah sakit dr. Suyoto veteran dan resmi dinyatakan gagal ginjal.
Dan ini juga hal yang bikin gue bingung harus seneng apa sedih, karena disatu sisi gue sedih dia sakit, tapi disatu sisi gue seneng hubungan gue sama mama kembali erat. yang sekarang gue anggep terlalu terlambat.
Dan gue pun jadi sering dirumah nemenin mama, jadi sering ketemu, dan gue mulai ngobrol2 seperti dulu. Ada yang gue tangkep dari kedekatan kami kembali, yaitu:
Ternyata mama selalu memperhatikan gue.
Dia tau kelakuan gue selama masa2 bandel itu. Tapi dia hanya memperhatikan tanpa ada tindakan apa2, mungkin karena dia juga merasa bersalah gapunya banyak waktu untuk anak2nya. Sehingga dia lebih memilih untuk diam. Ini lah yang bikin gue nyesek setengah mati. Ternyata mama meratiin gue.
Ya, kalo dipikir2 lagi emang dia bener2 memperhatikan gue, tapi dengan cara nya sendiri. Emang gue nya aja yang ga nangkep perhatian dia waktu itu. Mungkin kedewasaan yang terlambat juga yang bisa bantu gue sadar akan perhatian dia.

Akhirnya gue pun tetep terus "dekat" sampai detik2 terakhir hidup nya dia. 
Diwaktu yang amat sangat singkat itu juga gue baru 'kenal' sama yang namanya Syahrul Sariasih atau yang disebut mama dipostingan ini.
Gue pun lagi2 ngerasa terlambat, terlalu terlambat sekali, gue nyesel ga ngebuang banyak waktu gue bersama dia.
Tapi gue juga merasa beruntung, walaupun sebentar, tapi gue bisa membagi pemikiran2 gue bersama dia, juga bisa ngebuka pikiran gue tentang perjuangan yang dia lakukan buat anaknya dengan caranya yang jarang dirumah, dan satu lagi yang gue merasa beruntung, yaitu:
Gue sekarang sadar ternyata gue salah selama ini, terakhir gue belajar bareng dia itu bukan pas gue SD waktu itu, tapi setiap hari. Dia selalu ngajarin gue dari awal, ngasih gue pembelajaran tentang hidup, dan selalu belajar bersama gue seumur hidupnya. Hal yang gue cari dari sosok ibu, ternyata udah ada dari dulu. Lagi-lagi gue ngerasa terlambat.
Dan yang gue tau pasti, mau sampai kapanpun, mama tetap memperhatikan gue dan sayang sama anak2nya bahkan sampai sekarang.

Gue gamau basa-basi "penyesalan dateng terlambat" atau "makanya jangan egois, ngelawan orang tua entar nyesel" atau apalah itu. Cuma bakal disepelein bagi orang yang gapernah ngalamin dan ngerasain kehilangan orangtua.
Tapi pesen dari gue, jangan pernah lo nyepelein orang tua lo bro, hargai waktu bersama sama mereka, dan berpikir dewasa aja kalo ada yang ga lo suka dari orangtua lo, seburuk apapun mereka. Komunikaskan aja dengan cara yang benar.

Lo semua masih bisa bersama orangtua lo lebih lama lagi, pasti lo bisa lebih berbakti lagi sama mereka.
Bagi yang lagi berantem sama orangtua, mending baikan dulu aja, entar terusin lagi berantemnya.
Bagi yang lagi ngambek sama orangtua gara2 ga dibeliin barang yang di mau, tunda dulu aja ngambeknya, masih ada hari esok.
Bagi yang lagi diem2an gara2 dimarahin karena nilainya jelek, maklumin aja orangtua lo, cari rapotnya terus liat, kalo ada yang jelek, maki2 balik orang tua lo. engga deng gue ngasal

Yaa kayanya udah cukup postingan serius udang kali ini. Gue emang ga bisa serius men sama kaya si monyong. Niat awal mau bikin postingan yang mengharukan, tapi ujung2nya malah bercanda mulu, gagal sudah. Emang udah sifat dasar gue gabisa serius ckck. Sulit
Sekian postingan dari udang, kita ketemu di postingan udang lainnya.

See Ya~

P.S.: I LOVE YOU RR. Syahrul Sariasih.
- Your charming son, Rafly.

2 comments:

Anonymous said...

so sweet...hiks...hiks

Anonymous said...

Apa dia teman sekelasku...RR Syahrul Sariasih...??Ada gambarnya di gaya dan kata-katamu, remember SMP 164.., benarkah..., sedih..:(