Monday 27 February 2012

Makhluk Penghuni Angkutan

Setiap hari, gue pasti berhubungan langsung dengan yang namanya angkutan umum untuk menjalani aktifitas gue. Berbagai macam angkutan pernah gue naiki, bahkan sampe pundak mas2nya juga udah gue naikin. Entah udah berapa banyak pundak mas2 yang sudah menjadi korban gue. Kasian mas2 itu.
Angkutan umum yang biasa gue naiki itu transjakarta, atau biasa disebut busway. Gue gangerti kenapa disebut busway, sedangkan arti dari busway aja jalan untuk bus. Mungkin dia udah senasib sama softex dan aqua, walaupun merk nya udah beda-beda tapi tetep aja disebutnya itu.

Gara2 terlalu sering menggunakan busway, sekarang gue bisa menyimpulkan tipe-tipe penghuni angkutan ini, yaitu :

1. Tipe Orang Tua
    Makhluk tipe ini biasanya sangat beruntung, mereka pasti dapet tempat duduk walaupun udah penuh. Dan ada 2 jenis, pria dan wanita. 
Tapi ada hal yang bikin gue heran sama makhluk ini, walaupun mereka sudah tua tapi ada aja yang aneh2 kelakuannya. Dimulai dari yang pria, ada beberapa dari mereka itu gasadar diri, ada yang kalo duduk langsung nempatin 2 seat. Hal ini menyebabkan kegalauan dalam diri gue, karena mau gue tegur ga enak nanti terkesan sotoy, mau ngupil nyempil juga ga enak, dan akhirnya yang bisa gue lakuin cuma lirik2an sama penumpang lain sambil nunggu makhluk tipe ini turun. Ada juga yang kalo udah dapet seat, duduk nya kaya raja yang melihara burung elang, ga ada toleransi berpenumpang sama sekali. Ga mikirin penumpang yang ada di kanan, kiri, bahkan depannya, main selonjoran dan senderan aja padahal badannya lebar dan tambun. Amat sangat boros tempat.
    Yang wanita juga ga kalah aneh. Awalnya lo gabakal sadar apa yang aneh dari makhluk ini. Tapi lo bakal menyadari keanehannya ketika tiba-tiba ringtone handphone dia bunyi karena ada telfon masuk, dan dia menjawabnya. Pasti lo akan terganggu dengan hal ini. Bukan isi percakapannya yang akan mengganggu walaupun yang dibahas ga jauh2 dari gosip. Tapi cara bicaranya yang semangat dan dihayati banget, seakan lagi orasi didepan mahasiswa. Ditambah lagi dengan volume suara mereka yang sangat keras. Seperti tampak sekali mereka sudah biasa berperang ala sparta.
Dan bagi gue ga ada lagi men yang bisa ngalahin rempongnya ibu2 yang bawa anaknya naik transjakarta. Apalagi kalo anaknya membelah diri banyak, busway pun terasa kaya taman ria.


2. Tipe Dewasa
   Tipe ini banyak yang berbentuk orang kantoran, Terlihat mapan dan berwibawa. Tipe ini sangat jaim sekali, jadi ga ada yang aneh dari kelakuannya. Yang bisa ngebedain cuma tampilan luar nya aja.
Ada orang kantoran yang putih bersih. Mereka sangat terlihat elegan. Kemeja 50ribu an pun akan terlihat seperti kemeja mahal kalo mereka yang menggunakannya. Tapi ga sedikit juga yang terlihat seperti makhluk setengah jadi alias banci alias bintil karena penampilan mereka yang terlalu bersih, walaupun kebanyakan dari mereka berotot. Tapi gue gatau kenapa, gue ngerasa kalo hiasan berbentuk otot ini malah memperkuat kesan bintil nya dibanding ke-macho-an nya. Apalagi yang ototnya berlebihan dan ditambah hiasan tato serta rambut jambul cepak. Rawwrrrr cucok deh....
Ada juga orang kantoran yang biasa aja. Yang seperti ini biasa nya sering di abaikan, dianggap angin lalu karena kesederhanaannya yang buat mereka kurang begitu mencolok.
Yang sangat menarik perhatian adalah orang kantoran yang alay.Ya, memang alay ada dimana-mana, walaupun kasta mereka sudah naik jadi orang kantoran pun tetap masih ada. Makhluk ini biasa nya berbentuk amat sangat tidak matching, dimulai dari rambut mereka yang liar, sampe gue harus nyewa pawang rambut biar bisa duduk di sebelah mereka. 
Tapi serius, makhluk ini biasanya berambut liar dan panjang, berkemeja dan bercelana lusuh yang ketat dengan warna yang bertabrakan yang terlihat ga matching banget jadi orang kantoran. Berwajah tirus dengan kulit yang agak gelap, dan juga beberapa jerawat serta polesan minyak disana sini. Sepatunya pun terlihat usang. Ya seperti itu, tapi yang gue gambarin ko jadi terlihat lebih mirip gembel ya daripada alay. Yah sudahlah.. Baik alay maupun gembel sama saja, mereka juga manusia.

3. Tipe Waspada
Makhluk bertipe waspada ini biasanya terlihat gelisah. Mereka selalu melihat satu persatu penumpang yang baru masuk ke bus setelah dia, seakan guru yang lagi mengabsen muridnya. Mungkin dia cocok jadi dosen yang suka nge cek absen, biar ga ada mahasiswanya yang nitip absen lagi. Makhluk tipe ini juga sering curiga pada penumpang lainnya. Karena sifat curigaan ini mereka terlihat sering sekali melotot ke penumpang lainnya, walaupun ga ada maksut buat itu. Dan ini menakutkan.
Gue pernah ketemu sama makhluk tipe ini, waktu itu gue naik transjakarta dari terminal Blok-M. Setelah melewati beberapa halte, ada orang yang masuk dan duduk diseberang gue. Ga sengaja gue meratiin orang ini. Dia selalu aja ngeliatin penumpang lain yang baru masuk, dan tiba-tiba dia ngeliat ke arah gue yang lagi meratiin dia, kita pun tatap2an. Gue ngerasa ada yang aneh dari orang ini, mata dia terlihat semakin membesar. Rambut, lidah dan giginya pun memanjang dan terlihat seperti leak, hantu bali itu. 
Pas tatap2an itu gue pun merasa terintimidasi, dan akhirnya gue memalingkan muka gue berusaha ga meratiin dia lagi. Dan itu tidak berhasil. Gue pun tetep meratiin dia tapi secara diam-diam, jadi pas dia mulai sadar gue liatin, gue langsung memalingkan muka, atau pura2 tidur, bahkan menyamar menjadi bangku. Dan sekarang gue baru nyadar orang yang waspada kaya gini malah lebih menakutkan dibanding pemalak asli. Asli.

4. Tipe Cool
Makhluk ini adalah yang paling unik, susah sekali menemukan makhluk bertipe cool yang pendiem dan kalem ini. Karena orang yang naik bus rata-rata pembawaannya pendiam. Gamungkin ada orang yang masuk bus langsung kayang atau split secara tiba-tiba gitu. Mungkin dia dari akademi badut sirkus kalo bener ada yang tiba2 kayang walaupun bus nya penuh. Dan reaksi gue pasti langsung gue dudukin orang aneh itu. 
Dan gue adalah termasuk makhluk penghuni angkutan yang bertipe cool. 
Bus adalah tempat yang aneh, gatau kenapa setiap ada di dalam bus, rasa ngantuk itu sering sekali menyerang lalu membuat kita tertidur. Dan disaat tertidur ini lah kita bisa menemukan makhluk bertipe cool ini. Karena ketika lagi tidur tanpa sadar kita bisa melakukan hal yang memalukan apalagi di bus, entah itu tiba2 nyender ke orang yang ga di kenal, tidur nya mangap, ngences, mengigau atau hal memalukan lainnya. Dan hanya stay cool lah reaksi tercepat menanggapi hal memalukan itu. That's why, makhluk kaya gini gue kelompokin sebagai tipe cool.
Kenapa gue termasuk tipe ini, karena gue pernah waktu itu ketiduran di transjakarta, dan lelap sekali. Pas lagi tidur itu gue bermimpi gue lagi main bola sama temen gue, pas lagi adegan gue mau nendang bola, entah kenapa kaki gue reflek bener-bener bergerak layaknya orang lagi nendang bola, gue pun bangun dengan kaget. Disambut dengan tatapan kaget orang sebelah gue yang ikutan kaget gara-gara kaki gue yang bergerak secara tiba-tiba akibat mimpi itu. Dan seperti yang lo tau, gue cuma bisa stay cool berusaha memalingkan wajah sambil merem-merem sok ngantuk dan berusaha tidur lagi buat nutupin rasa malu gue yang ga kebendung lagi. Sumpah malu abis.
Gue juga pernah kejedot pas gue lagi tidur di bus, dan itu suaranya keras banget sampe ada penumpang yang reflek ngomong "aduh" padahal yang kejedot itu gue. Dan lagi-lagi gue ngeluarin jurus reflek sok cool pas kebangun gara-gara kejedot itu sambil nahan sakit. Makhluk yang ber-reflek sok cool ini lah yang termasuk makhluk tipe cool.

Harusnya masih banyak lagi yang mau gue bahas tentang makhluk angkutan ini, tapi kayanya gue udah stuck, mungkin gue akan sambung di postingan yang lain lagi. Tapi sumpah, kalo ga ada mereka, jalan-jalan dengan transjakarta serasa hampa. Bayangin aja kalo lagi naik busway yang ada cuma orang waspada sama orang cool, pasti sunyi banget itu bus nya, yang ada cuma melotot2an danorang2 ketakutan tp stay cool gara2 dipelototin.
Mudah-mudahan aja gue dapet cerita lagi tentang makhluk angkutan ini, jadi gue bisa nerusin ceritanya di postingan lain. So, Keep Follow Up My Blog yaaaaa. huehueheuheuheuehueheuheuheuheuheuehueheuheuheuheuheuehuheuheuehuehueh
Byeee~

No comments: