Friday 22 June 2012

Kiat Sukses Berbohong


Tiap hari, sesuatu yang bernama bohong itu sudah menjadi hal yang wajar dan pasti bisa ditemuin dimana aja. 
Baik itu bohong sama orangtua, temen, maupun sama... Ehem... Pacar. 
Untuk yang terakhir ini nih yang fatal, coba deh apa lo yakin pacar lo bener-bener ada disekolah? Yakin dia dirumah sendirian? Atau yakin dia belom ngabarin gara2 masih tidur?, coba lo check and recheck
Mungkin aja sih mereka bener, tapi apa lo gapenasaran isi Handphonenya? Isi SMS atau BBM nya? Atau mungkin DM twitternya? Yah, who knows ya.
    Bohong itu bisa dilakuin dengan sengaja maupun tidak sengaja. Tapi gue heran sama orang yang mau bohong tapi keliatan banget bohongnya, padahal bagi gue bohong itu mudah.
Makanya, kali ini gue mau bikin beberapa kiat sukses dalam berbohong, tadinya malah mau bikin buku tapi kayanya, bukannya buku nya laku, yang ada gue dibakar sama orangtua-orangtua, guru, dosen, atau mereka-mereka yang... Ehem... Pacaran, apalagi yang... Ehem... LDR-an.
Tapi parah juga si bagi yang ga LDR-an tapi suka bohong-bohongan, deket aja bisa bohong apalagi yang LDR-an, ya ga? Jadi kalo suatu saat lo tiba-tiba harus LDR-an, lo tau apa yang harus lakuin. Karena Kepercayaan itu mahal bro.

Kerennn...




Oke, kita mulai aja kiat sukses bohong versi manusia sulit:


1. Dalam berbohong, jangan pernah lo berniat buat bohong.

    "Haa? Jadi, maksutnya gimana? Gue gangerti..".
    Honestly, sama. Gue. Juga. Gangerti.
Gue ganemu kata-kata yang lebih simple lagi.
Tapi intinya, kalo lo lagi mau bohong jangan pernah lo bener-bener berniat buat bohong, bikin sugesti, situasi, dan kondisi dimana lo berbohong itu cuma bercanda atau cuma ngasal ngomong. Karena dengan mindset seperti itu, kebohongan lo akan terlihat natural dan ga dibuat-buat, ini bisa membuat kecurigaan orang akan memudar.
Lagipula, kalo sejelek-jeleknya bohong lo ketauan, lo bisa ngeles, "Engga deng, gue cuma becanda".
Tapi apabila dengan lo ngeles ternyata orang yang lo bohongin ini malah marah, gue saranin secepatnya cari benda tumpul disekitar lo lalu benturkan kekepalanya.
Kalo ganemu juga, sundul aja kepalanya, ambil BBnya, bajak twitter sm BBM nya, lalu kabur.


2. Tetap Tenang

    Ini termasuk step yang susah, karena kalo lagi bohong pasti lo merasa deg2an, takut kalo bohong lo itu ketauan atau ngerasa "Eh, udah bener ga ya tadi gue bohongnya? Dia curiga ga ya?" dan ujung-ujungnya bikin lo gatenang.
Tapi mau gamau ketenangan ini harus diusahakan sekali. Lo bisa melatih ketenangan lo dengan meditasi.
Kalo bisa selain melatih ketenangan, disarankan sekaligus melatih jantung lo biar ga deg2an.
Latihan yang cocok buat melatih ini adalah belajar menghadapi sesuatu yang bikin deg-degan, misalnya meditasi direl kereta, atau meditasi dikamar orangtua pacarmu, pasti ini bisa membuat jantung mu lebih terlatih.
    Tapi serius, bohong itu butuh ketenangan.


3. Ekspresi

    Bisa dilakukan dengan, Poker Face. Step ini sama sekali bukan menyarankan lo buat nempel-nempel kartu poker di muka lo. Poker Face disini yang gue maksut itu adalah ketika lo lagi bohong berekspresilah seperti orang yang mau buang air besar. Oke salah, itu Boker Face.
    Bro bro boker bro?, Boker itu bro adalah dimana saat vokalis band rock, mengenalkan diri nya sendiri dengan bangga bro, I am a Boker! Yeah!.
    Oke, itu rocker.
    Jadi sebisa mungkin, kalo lagi bohong, berbohonglah dengan ekspresi sedatar-datarnya, sehingga membuat lo menjadi orang yang tidak dapat dibaca. Dan juga bisa menakut-nakuti lawan bicara kalian karena muka kalian datar, rata.
    Oke, salah.

    Bisa juga dilakukan dengan berekspresi sesuai dengan kebohongan yang lo buat, tapi jangan lebay.
Misalnya lo bohong ketika lo telat janjian dengan alasan ban mobil pecah dan harus ganti ban sendirian. Maka, lo bisa berakting sok-sok capek ketika bertemu temen lo.
Kalo bisa lo sengaja tambahin sedikit make-up dengan cara mengotori muka dan tangan lo menggunakan debu-debu yang nempel di ban, cukup sedikit agar terkesan natural. Inget ya jangan lebay, jangan sampe lo melumuri seluruh muka lo dengan debu, yaa gapapa sih tapi setelah itu mending sekalian ambil seragam militer sekaligus senjatanya, terus perang ke Suriah. 
*emosi*
Selain menambahkan sedikit make-up, lebih bagus lagi, saat lo nemuin temen lo itu, sekalian aja lo bawa-bawa ban yang lo rusak sengaja sekaligus dongkrak-dongkraknya, biar dia tau kalo lo itu gabohong. Lebih sempurna lagi kalo lo sekalian bawa abang-abang tukang bannya.
Pasti temen lo bakal percaya kebohongan lo itu.


4. Jangan Menjelaskan Secara Berlebihan

    Ngomong-ngomong soal lebay, ada satu lagi yang biasanya orang berlebihan dalam berbohong, yaitu ketika menjelaskan alasan. 
Meen, kalo lo jadi lebih cerewet daripada lawan bicara itu ketauan banget meeen kalo lo lagi bohong, apalagi kalo lo biasanya kalem tiba-tiba jadi cerewet. Tapi buat yang biasanya udah cerewet, yaaaa suka-suka aja sih mau gimana juga. 
*emosi lagi* 
Gue heran akhir-akhir ini gampang emosi, sampe kepala gue sakit karena nyundul pintu pas lg emosi.
Oke balik lagi, untuk itu gue saranin, kalo lagi berbohong jangan pernah memberikan penjelasan atau informasi secara berlebihan, jelasin seadanya aja broh, kalo gaditanya gausah jawab, dan gausah ngejelasin yang ga ditanya.
Misalnya, pas lo malem-malem clubbing tapi lo izin ke orangtua lo cuma pergi ke rumah temen. 
Tiba-tiba pagi-pagi nyokap lo nanya, "Kamu kemana aja semalem?"
Jangan panik! Karena biasanya orang bakal panik ditanya pertanyaan yang to the point seperti ini dan membuat lo berpikir, "Wah ketauan ya?", "Waduh ko tau ya?", atau "Mampus gue".

Nah, saat seperti ini lah lo harus menggunakan step ini. 
Jawab sekenanya aja, "Engga ma, aku dirumah temen ko, kan udah bilang".
Jangan sekali-kali lo menjelaskan secara berlebihan, seperti: "Aku dirumah temen ma semalem, terus tiba-tiba rumahnya mati lampu, terus aku bosen jadinya aku clubbing deh di club X". Karena dengan penjelasan yang seperti ini, kebohongan lo bakal ketauan.

Tapi kalo tiba-tiba setelah menjawab seadanya, nyokap lo tiba-tiba bilang, "Ohgitu, tapi semalem mama ngeliat orang mirip kamu di club X", tetep jangan panik, mungkin aja nyokap lo cuma nge-tes lo doang.
Jawab aja seperti step ke-1, jawab dengan becanda, "Ohgitu ya ma, kenapa ganyamperin aku ma?hehehe"
"Abis gaenak, mama tadinya mau nyapa, eh tau nya kamu lagi ciuman sama orang"
Dan disaat ini lah lo udah gabisa bohong, jadi pinter-pinter lo aja deh yaaa ngelesnya.
Kalo saran dari gue mending pura-pura mati. 
Kalo udah kepepet, marahin balik nyokap lo, "MAMA NGAPAIN MALEM-MALEM KE TEMPAT BEGITUAN?"
Gue yakin lo bakal jadi Nomaden secara instan.

Yah sekian kiat sukses dari gue, simpel kan cuma seperti itu doang, gue rasa ini bisa diterapin sama siapa aja dan berguna buat kalian-kalian yang mau pinter berbohong, intinya sih yaaaaaa biasain jadi orang gapernah serius broh, entar juga lo jadi jago bohongnya.
Akhirnya gue ngeblog lagi, YESSSS!

BYE~

No comments: