Friday 28 September 2012

Dokter Gigi


Gue udang, awal september ini, setelah beberapa tahun gue hidup akhirnya gue kembali lagi menyambangi tempat yang masih asing bagi gue, yaitu dokter gigi.
Ya, masih asing karena terakhir gue ke dokter gigi itu pas gue masih umur 5 tahun. 
Dan Itu adalah saat terakhir dan pertama bagi gue... Eh kebalik, pertama dan terakhir bagi gue..

Kerennn...

Gara-gara terakhir kesana itu pas gue masih kecil, gue jadi lupa total gimana suasananya di dokter gigi itu. Makanya pas kemarin gue kesana gue kaget. 
Ternyata dokter gigi itu... Suram.
Gila, suram nya gabisa dijelasin kata-kata, gue juga bingung itu kenapa bisa sesuram itu.
Masa iya orang-orang galau lari nya ke dokter gigi? Apa emang udah jadi trend? Tapi boleh juga tuh kalo galau perginya ke dokter gigi, because shower is too mainstream.

Berbagai macam ekspresi wajah dan tipe-tipe orang bisa diliat disana. Ada yang megangin pipi melulu gara-gara kesakitan, ada yang stay cool padahal hati nya cenat cenut, ada yang ketiduran sampe nomer antriannya dilewatin, ada yang cerewet sok tahu tentang kedokteran gigi sehingga jadi pusat perhatian, dan juga ada yang becanda-becanda ngeledekin orang-orang suram itu yang gakalah jadi pusat perhatian di dokter gigi pada saat itu.
Ya, orang yang becanda itu adalah gue sama si monyong. 
Seperti biasa.

Gue gatau kenapa ngerasa kalo disana itu suram banget. Kemarin tu ada orang yang lagi nunggu juga, dia cewek, gue peratiin ekspresi muka nya tu kasian banget, suram.
Akhirnya gue kasih orang itu seribuan kertas sambil ngomong, "lni buat kamu ya, kamu sekarang pulang dan belajar yang bener ya"..
Engga deng... Ga gitu, Gue ngasal. 
Ga mungkin aja gue begitu, soalnya orang itu kayanya lebih tua jauh dari gue masa iya gue suruh belajar yang bener.


Tapi serius, kemarin cewek itu kasian banget, keliatan kaya kesiksa sama sakit gigi nya itu. Dia murung terus-terusan ga ngomong sama sekali padahal dia dateng sama temennya. 
Mungkin aja kalo waktu itu gue peratiin terus muka dia selama satu jam non-stop, kayanya bakalan nangis ditempat deh gue sangking kasiannya, tapi untungnya akhirnya nomer urut antrian dia dipanggil. 
Dia pun berdiri dan jalan ke ruangan dokter nya itu.
Yaah, gue pun terbebas dari pemandangan sedih itu, dan gue pikir dia bakal baik-baik aja di dalam sana. Kamu pasti kuat disana cewek! #prayforsicewek

Tapi ternyata perkiraan gue salah. Ketika selesai, dia keluar, bukannya ekspresi dia membaik tapi yang gue liat malah tambah suram. Ada kesan gelap di pundaknya, dan terlihat ada beberapa malaikat kematian disekitar dia... Oke engga.
Ya, tapi emang tambah suram. Dia malah keliatan seperti abis nangis, tapi gue gatau apa yang terjadi di dalam sana.
Cewek itu jalan sambil megang pipinya yang agak membengkak sambil kayang, engga deng. Menurut gue mungkin gara-gara pengaruh kapas yang digigit diantara gigi atas dan bawahnya itu makanya pipinya agak membengkak. Ck, kasian sekali dia.
Dia terus jalan sampai gaterlihat lagi sama gue. Mudah-mudahan saja dia ga jatuh di jalan. #prayforsicewek

Gue pun bertanyta-tanya dalam hati, "Apakah emang dokter gigi itu tempat buat orang-orang suram?"

Setelah cewek itu ada beberapa orang lagi yang gue perhatiin. Mereka juga beda-beda ekspresinya sebelum masuk dan setelah masuk ke ruang dokter.
Ada yang sebelum masuk ruangan dokter suram, tapi pas keluar ruangan dokter jadi ceria, ada yang ekspresi nya datar gaberubah, ada yang awalnya cerewet jadi pendiem, bahkan ada yang sebelumnya ceria lalu jadi suram pas keluar. Contohnya si monyong.

Monyong juga salah satu korban aura aneh dokter gigi. Awalnya dia ceria, becanda-becanda, ngeledekin orang bareng gue. Pas nomer urutan dia dipanggil, dia masuk keruangan.
Gue nunggu sambil meratiin sekitar lagi, tapi ga ada yang menarik lagi. Setelah beberapa menit, monyong pun selesai, dia keluar dengan tampang suram juga.

"Kenapa lo bre? Udah selesai?", tanya gue.
"....", dia diam saja dengan tatapan kosong.

Gue jadi tambah bingung, emang ada apa sih didalam ruangan itu. Apa ada hal-hal gaib yang terjadi disana. Tapi gue sadar, disini dokter, bukan tempatnya buat hal-hal yang ga logis kaya gitu. Gue pun ga ambil pusing dan cuek aja.

"Sialan!", akhirnya monyong membuka suara.
Gue cuma nengok ke arah dia, tapi ga nanya apa-apa.

"Kambing!", tambah si monyong lagi.

Gue heran, kenapa jadi bawa-bawa kambing? Emang ada apa sih didalem? Tapi daripada dia makin aneh dan ngomong sesuatu yang tambah gamasuk akal, akhirnya gue tanya. Lagian gue gatau lagi omongan apa lagi yang bakal keluar lagi dari mulut monyong orang ini, mungkin aja "Monyet!", "Babi", "Naga!", "Trenggiling", atau "Teripang!".

"Kenapa si lu bre?", Tanya gue.
"Dendam gue sama dokter yang didalem"
"Kenapa emang?"
"Tadi kan gigi gue diperiksa, terus kata dokternya, "oh pantes aja kamu monyong gigi kamu begini""
"Waduh jujur bgt dokternya, terus?"
"Engga deng, tadi dia meriksa gigi gue, gue si ga ngerasa gigi kenapa-kenapa, tapi abis meriksa tiba-tiba dia ngambil bor nya terus main bolongin aja gigi gue sambil ngomong "oh ini mah harus ditambel nih""
"Hmm.. Terus terus?, saut gue sekenanya.
"Kan gue kesini cuma mau meriksa, udah bilang juga tadi cuma mau diperiksa, tapi kenapa dibolongin, jadi malah sakit nih, kambing!"
"Ohgitu yaudah, sabar yeh", jawab gue dengan nada perduli seada-adanya.
Kita pun pulang. Dan dia tetap suram.

Tapi berkat cerita dia, akhirnya sampe sekarang gue gatau kenapa di dokter gigi suasananya bisa sesuram itu, antiklimaks maksimal deh pokonya. Hah sudahlah, sekian cerita dari gue.

SEE YA~